Follow by Email

Sabtu, 07 Mei 2011

Peran Pendidikan Islam dalam Mewujudkan kedamaian Umat Beragama


Peran Pendidikan Islam dalam Mewujudkan Kedamaian Umat Beragama
Pendidikan Pesantren berperan penting terhadap kedamaian antar umat beragama. Pendidikan pesantren dapat dijadikan untuk menangkal semua masalah-masalah umat beragama yang terjadi belakangan ini,  seperti masalah kerusuhan di Temanggung, Jabar, terorisme di mana-mana, dan masalah cuci otak NII. Menurut Guru Besar dari Arizona University Mark Word Ward masalah cuci otak NII dan garis keras yang lain sasarannya adalah masyarakat yang belum mempunyai Pendidikan Agama yang luas. Hal ini karena dotkrin berupa pengertian agama yang bersifat eclusif dan dalil yang digunakan masih sangat sederhana dan keliru. Menurutnya, vaksin dari semua masalah cuci otak tersebut adalah pendidikan pesantren. Di pesantren masyarakat dapat memahami islam secara kaffah (menyeluruh), luas, dan mendalam. Tetapi dalam memilih Pendidikan Pesantren masyarakat harus selektif karena banyak juga masalah cuci otak dan yang lainnya juga tumbuh subur di pesantren, bahkan masalah terorisme juga ada yang berlatar belakang Pondok Pesantren.
Pendidikan Islam juga tidak hanya didapat dari Pendidikan Pesantren tetapi juga di dapat dari sekolah2 umum melalui Pendidikan Agama dan Karakter. Selain itu rekonstruksi agama berbasis toleransi juga perlu dilakukan. Kenapa ? Indonesia adalah Negara majemuk dengan bermacam-macam agama, suku, ras, etnis, dll. Sikap saling menghargai, menghormati, dan menghargai antar agama, suku, ras, etnis, dll sangat penting dalam mewujudkan perdamaian.
Menurut Zuhairi Musari, peran pendidikan keagamaan dalam mewujudkan kedamaian umat beragama adalah :
1. rekonstruksi sejarah keagamaan yang dapat menginspirasi toleransi
2. rekonstruksi tafsir keagamaan yang toleran sebagai anti tessa terhadap tafsir_tafsir keagamaan
3. rekonstruksi sikap keagamaan yang membangun harmoni dan gotong royong ditengah kebhinekaan
4. rekonstruksi paham keagamaan yang mengedepankan dimensi kemanusiaan 
Sumber : seminar nasional pendidikan dengan tema “peran pendidikan agama dalam mewujudka kedamaian umat beragama” UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta BEM f Trbiyah dan Keguruan. Pembicara :
-Mark Word Ward, guru besar arizona university
-Prof Dr Munir Mulkan, dosen fakultas tarbiyah
-Zuhairi Musari, intelektual muslim  




Tidak ada komentar:

Poskan Komentar